Share

7 Cara Mendidik Anak Muslim yang SUPER AMPUH

Kaos Anak Muslim Dhikr
Kaos Anak Muslim Dhikr

Aset yang paling berharga bukanlah tanah, sawah yang luas, kebun berhektar-hektar, atau bahkan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Tetapi justru anak-anak yang sholeh-sholihah, karena jika kita berhasil mendidik putra-putri tercinta agar berbakti pada orang tua dan bertindak sesuai agama. Mereka akan menjadi generasi yang berharga bagi orang tua baik di dunia maupun di akhirat kelak. Karena anak kita yang sholeh dan sholehah akan mendoakan kita ketika sudah meninggal, dan itu merupakan “passive income” amal yang bisa dibawa meski ketika sudah meninggal. Berikut hadits shoheh Rasulullah:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Berdasarkan hadits diatas kita benar-benar diingatkan betapa pentingnya mendidik anak agar sholeh dan sholihah. Maka dari itu jangan asal mendidik anak kita, apalagi jika kita memang sibuk bekerja baik ayah maupun bunda. Solusinya bisa memilihkan baby sitter yang paham tentang ilmu agama, agar sang baby sitter bukan hanya menemani dalam keseharian tetapi juga mengajarkan agama. Selain itu, ketika hari libur atau pada saat malam, kita juga harus mempergunakan quality time dengan sebaik-baiknya. Berikan kasih sayang yang banyak serta pendidikan agama, kepada putra-putri kita tercinta.

Kaos Sablon Dhikr
Kaos Sablon Dhikr

Kita juga masih memiliki tips lain yang sayang kalau tidak kita bahas hari ini, tips yang lebih bersifat praktikal ini yaitu:

7 Cara Mendidik Anak Muslim yang SUPER AMPUH

1. Kenalkan buah hati tentang Tauhid serta Aqidah

Hal pertama yang harus dikenalkan pada anak tidak lain lagi adalah hal penting ini. Karena anak yang masih kecil masih belum mengerti dan belum kenal Allah, maka kita bisa sering-sering mengucapkan lafadz Allah. Lakukan secara rajin dan sampaikan pada putra-putri bahwa tiada daya dan kekuatan kecuali milik Allah, satu-satunya Tuhan semesta Alam.

2. Biasakan anak selalu membawa perlengkapan sholat

Ketika kita mau mau bepergian jangan hanya dibiasakan membawa perlengkapan busana, atau bahkan pakaian saja. Tetapi juga biasakan sejak dini agar buah hati tercinta juga membawa peralatan sholat, terutama sarung dan kopiah untuk anak laki-laki, serta mukena untuk anak perempuan. Sampai dewasa pun selama masih dalam pengawasan orang tua (sebagai contoh belum menikah), maka kita juga harus selalu mengingatkan agar anak tidak lupa. Kelak ini akan menimbulkan efek yang positif.

3. Pilih acara TV yang berkualitas bagi anak

Jaman sekarang terutama stasiun TV negeri kita semakin banyak acara-acara yang sangat tidak mendidik bagi anak, yang bahkan sudah sering dicontoh penonton anak-anak di luaran sana dan menyebabkan berbagai kasus. Maka dari itu kita harus bisa memilihkan acara TV yang berkualitas bagi anak, sebagai contoh tentang petualangan anak atau acara informatif bagi anak. Satu lagi yang cocok adalah acara animasi yang mendidik seperti Upin Ipin, serta acara sejenisnya.

4. Perkenalkan buah hati dengan aurat

Mencegah lebih efektif daripada mengobati, kalau tidak dewasa nanti kita yang akan malu sendiri. Maka dari itu sejak kecil kita harus memperkenalkan anak dengan batasan aurat, seperti tidak boleh memakai celana diatas lutut. Serta rambut adalah aurat wanita yang harus senantiasa ditutupi. Ketika baligh nanti anak-anak tinggal menyesuaikan dengan yang sudah diajarkan.

Kaos Keluarga Dhikr
Kaos Keluarga Dhikr

5. Hindari Kekerasan Terhadap Anak

Kita semua tahu bahwa tegas memang baik tapi bukan berarti kita harus keras. Lebih parahnya lagi sampai memukul dengan tangan atau kaki. Cukup dengan diam saja anak sudah tahu bahwa yang dilakukan salah. Memang semua kembali pada karakter kita masing-masing, tetapi jangan gunakan kekerasan karena kelak akan menjadi bumerang.

6. Tanamkan nilai-nilai islam secara berkelanjutan

Bukan hanya Da’i, Kyai, Ustadz, Ulama yang berkewajiban memberikan ajaran agama, tetapi juga kita kalau mengaku orang yang beriman. Apalagi jika kita merupakan kepala keluarga yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban, sesuai Firman berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ ناراً وقودها النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عليها مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدادٌ لاَّ يَعْصُونَ اللهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Qs. At-Tahrim [66]:6)

7. Jadilah teladan yang baik

Jangan hanya memerintah pada anak, tapi jadilah panutan yang benar-benar pantas dicontoh. Jangan hanya menyuruh anak pergi mengaji sedangkan ibunya ngerumpi, menyuruh anak belajar sedangkan bapaknya nonton bola. Jangan seperti itu, jadilah contoh yang baik. Nah salah satu cara mudah untuk menjadi teladan yang baik adalah dengan memakai Kaos Anak Muslim Dhikr, yang memiliki desain bagus dan bisa memudahkan mendidik anak.

Kaos Anak Muslim Dhikr
Kaos Anak Muslim Dhikr

Karena anda tidak perlu selalu mengucap kata, tetapi cukup dengan visual serta huruf melalui Kaos Sablon Dhikr ini maka akan mudah dalam mendidik buah hati tercinta. Kaos Keluarga Dhikr dibuat khusus untuk dipakai anda sekeluarga agar semakin kompak, dan selalu ingat kepada-NYA. karena Dhikr sendiri berasal dari kata Dzikir yang berarti mengingat Allah, ditunjukkan dengan desain-desainnya yang penuh nasehat islami.

Bagi yang ingin segera memesannya dilengkapi dengan Katalog lengkap Dhikr yang terbaru. Kita selaku Distributor Asli Dhikr siap melayani anda, dengan penuh kepedulian terhadap anda serta keluarga anda. Segera hubungi kita via:

BBM : D231AEE4
WA : 0858 7826 5015
LINE : 07171945

Leave a Comment